Aktifitas Mahasiswa
Pelatihan PKL Cable Crimping Fiber Optik SMK Bangun Nusantara
ITTJ Berpartisipasi Dalam Lomba Hackthon Maritim 2021
Perlombaan SEMA CUP 2021

Pelatihan Cable Cimping & Penyambungan Kabel Fiber Optik SMK Bangun Nusantara

Pada kegiatan yang dilakukan ini merupakan sebuah kerjasama sama dari pihak Akademi Telokm Jakarta dan juga SMK Bangun Nusantara dalam bentuk pelaksaan PKL di Akatel. Para siswa yang berjumlah dua orang selain melakukan magang juga mendapatkan bekal pelatihan berupa Penyambungan Kabel Fiber Optik dan juga Kabel Crimping yang dilakukan pada tanggal 4 Maret dan 5 Maret berlangsung selama dua hari.

Pada pelatihan Fiber Optik, siswa diajarkan bagaimana cara penyambungan kabel Fiber Optik sesuai dengan SOP dan alat-alat yang digunakan untuk penyambungan dan fungsinya serta bagian-bagian dari kabel Fiber Optik yang diajakarkan oleh beliau langsung yaitu bapak Muhammad Ma’ruf, Amd selaku bagian dari Laboratorium. Selain itu pada pembelajaran lain bapak Ma’ruf juga mengajarkan Kabel Crimping, pada pelatihannya siswa diajarkan mengenai pengenalan jenis kabel jaringan komputer (kabel coaxial, kabel UTP dan STP, kabel Fiber Optik) Kedua mengenal bagian-bagian dari kabel UTP dan karakteristik kabel UTP serta kategori kabel UTP, dan terakhir pembuatan jenis kabel Straight dan juga Cross sesuai standar TIA/EIA 368A.

ITTelkom Jakarta Berpartisipasi Dalam Lomba Maritim Hackthon 2021

ITTelkom Jakarta beraptisipasi dalam lomba Maritime Hackathon 2021 melalui beberapa perwakilan mahasiswanya. Lomba ini digagas oleh Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) bekerja sama dengan Telkom University dan TemanSiswa.com. Pihak tersebut menggelar Kompetisi Kreativitas Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) Maritime Hackathon 2021 di Dispotmaral, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/3).

Kegiatan ini berupaya menggali potensi anak bangsa di bidang inovasi produk digital kemaritiman lewat kompetisi kreativitas Maritime Hackathon TA 2021. Kompetisi Maritime Hackathon TA 2021 telah memasuki tahap semifinal sejak kompetisi dibuka pada 18 Februari. Salah satu tahap yang harus diikuti peserta adalah semifinal pada 25-26 Maret 2021 kemarin. Pada tahap semifinal ini para peserta akan melakukan coding untuk membangun aplikasi secara live selama 24 jam.

Peserta hadir secara online dari seluruh wilayah Indonesia. Peserta Maritime Hackathon TA 2021 berasal unsur masyarakat seperti pelajar,mahasiswa, dan professional dari berbagai daerah se -Indonesia. Aplikasi yang diajukan peserta terdiri dari Mobile Application, Web Application, Olah-Anlisis Data, dan Internet of Things.

Penilaian kompetisi Maritime Hackathon TA 2021 dilakukan oleh dewan juri dari akademisi, praktisi industri IT, dan anggota TNI AL yang berpengalaman. PPKM-Maritime Hackathon TA 2021 merupakan kompetisi kreativitas menciptakan ide dan inovasi dalam pembentukan karakter maritim yang akan diimplementasi dalam pengembangan beragam produk yang mendukung pengelolaan data dan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi,ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir.

Kegiatan PPKM-Maritime Hackathon TA 2021 diharapkan mampu menjaring potensi masyarakat yang memiliki kompetensi strategis dan membangun kesadaran maritim di kalangan komunitas Information Communication and Technology (ICT) PPKM-Maritime Hackathon TA 2021 merebutkan total hadiah lebih dari Rp100 juta serta berbagai hadiah dari sponsor. Semua rangkaian dan informasi kegiatan terdapat di website www.hackathonmaritim.id.

Beberapa dokumentasi kegiatan mahasiswa ITTelkom Jakarta dalam lomba. Diwakilkan oleh 4 tim dengan masing-masing tim teridiri  dari 3 orang. Kegiatan ini berupaya menggali potensi anak bangsa di bidang inovasi produk digital kemaritiman lewat kompetisi kreativitas Maritime Hackathon TA 2021. Kompetisi Maritime Hackathon TA 2021 telah memasuki tahap semifinal sejak kompetisi dibuka pada 18 Februari. Salah satu tahap yang harus diikuti peserta adalah semifinal pada 25-26 Maret 2021 kemarin. Pada tahap semifinal ini para peserta akan melakukan coding untuk membangun aplikasi secara live selama 24 jam.

Peserta hadir secara online dari seluruh wilayah Indonesia. Peserta Maritime Hackathon TA 2021 berasal unsur masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan professional dari berbagai daerah se-Indonesia. Aplikasi yang diajukan peserta terdiri dari Mobile Application, Web Application, Olah-Anlisis Data, dan Internet of Things.Penilaian kompetisi Maritime Hackathon TA 2021 dilakukan oleh dewan juri dari akademisi, praktisi industri IT, dan anggota TNI AL yang berpengalaman.PPKM-Maritime Hackathon TA 2021 merupakan kompetisi kreativitas menciptakan ide dan inovasi dalam pembentukan karakter maritim yang akan diimplementasi dalam pengembangan beragam produk yang mendukung pengelolaan data dan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi,ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir.Kegiatan PPKM-Maritime Hackathon TA 2021 diharapkan mampu menjaring potensi masyarakat yang memiliki kompetensi strategis dan membangun kesadaran maritim di kalangan komunitas Information Communication and Technology (ICT) PPKM-Maritime Hackathon TA 2021 merebutkan total hadiah lebih dari Rp100 juta serta berbagai hadiah dari sponsor. Semua rangkaian dan informasi kegiatan terdapat di website www.hackathonmaritim.id.Beberapa dokumentasi kegiatan mahasiswa ITTelkom Jakarta dalam lomba. Diwakilkan oleh 4 tim dengan masing-masing tim teridiri  dari 3 orang.

Perlombaan SEMA Cup 2021

Pada hari Senin 18 Januari 2021, Organisasi dari Akademi Telkom Jakarta yaitu SEMA membuat acara lomba yaitu SEMA Cup dengan tema “temanya itu impossioned of the talent (IoT)” yang diadakan secara online dengan Ketua Pelaksananya Praskoso Nugraha dari angkatan 17, dan Armand Ibrahim dari angkatan 18 sebagai Watuplaknya. Acara dimulai dengan Pembukaan pada tanggal 18 Januari 2021 yang dilaksanakan secara online.

perlombaan dimulai pada hari rabu tanggal 20 Januari 2021 dengan berbagai macam lomba yang berjumlah 16 lomba yang diadakan diantaranya untuk lombanya ada futsal, basket, tenis meja, badminton, mobile legend, debat bahas inggris, pidato bahasa inggris, pidato bahasa indonesia, cerdas cermat b. inggris, cerdas cermat b. indonesia, solawat, solovokal, desain poster, inovasi bisnis mahasiswa, cover lagu. Terakhir acara penutupan yang dilaksanakan pada tanggal 23 februari 2021, dengan pembagian hadiahnya di tanggal 26 februari 2021 berlokasi di Akademi Telkom Jakarta dengan masing-masing perwakilan kelas pemenang untuk mengambil hadiah.